Logo “Kulit Asli” Pada Produk Tas Kulit Asli dan Lainnya
Simbol
atau logo 'Kulit asli' pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1973. Pada saat itu, adanya simbol kulit asli telah
memperoleh kesadaran yang tinggi dalam dunia perdagangan. Tidak hanya pelaku perdagangan saja tetapi juga
konsumenya, diantaranya adalah konsumen di wilayah Eropa dan Amerika.
Simbol
kulit asli tersebut telah digunakan secara aktif sejak saat itu, karena dengan
adanya logo itu menjamin bahwa elemen
terpenting dari barang tersebut terdiri dari kulit asli sebagaimana dijelaskan
dalam peraturan pelabelan yang relevan dengan dunia perkulitan.
Pada
tahun 2008 atau 2009, ada banyak kebingungan karena otoritas bea cukai Italia
secara teratur menyita barang-barang kiriman sepatu, termasuk sepatu dari
perusahaan Jerman. Alasan yang diungkapkan adalah “pelanggaran hak perlindungan merek”.
Selama lebih dari empat dekade, simbol “Kulit asli” telah digunakan secara
luas. Biasanya, symbol Kulit asli dapat ditemukan pada hang-tag atau dicap pada
sol kulit dan ikat pinggang kulit asli original bagian
dalam.
Pada
tahun 1970 an, peminat produk kulit sedang bagus-bagusnya begitu pula berbagai label yang berbeda-beda.
Produk kulit sintetis dengan tampilan seperti kulit juga membanjiri pasar,
banyak di antaranya memiliki label yang melambangkan kemiripan dengan kulit “lembut seperti antelop”, misalnya. Konsumen
semakin sulit membedakan antara produk kulit asli dan produk palsu.
Permintaan yang banyak untuk kulit menyebabkan
berkembangnya industri penyamakan kulit di wilayah Eropa, yang menempatkan diri
bahwa Eropa sebagai kekuatan ekonomi yang diwakili oleh asosiasi perdagangan –
seperti Federasi Kulit Jerman (VDL) – di setiap negara Eropa. Pada tahun 1973,
17 asosiasi industri penyamakan kulit Eropa, termasuk VDL, berkumpul dalam
asosiasi pembuatan kulit internasional, International Council of Tanners (ICT),
untuk menetapkan simbol 'Kulit asli'.
Tujuan akhirnya untuk memperkenalkan merek
internasional bersama. Tanda itu diadopsi oleh Konfederasi Penyamak Eropa. Para
anggotanya dapat memiliki merek yang dilindungi di negara mereka sendiri dan
memasarkannya sesuai dengan itu.
Hanya asosiasi Italia UNIC (Unione Nazionale
Industria Conciaria) yang benar-benar mendaftarkan simbol tersebut sebagai
merek dagang. Konsekuensi dari hal ini adalah UNIC adalah pemilik tunggal hak atas merek di
Italia dan Eropa. Baik bingkai kosong – garis besar kulit yang ditarik – dan
penggunaannya dalam kombinasi dengan istilah “Kulit asli” adalah merek dagang
yang dilindungi. Untuk menggunakannya, biaya lisensi harus dibayar dan jaminan
diberikan mengenai perlindungan konsumen pada kriteria yang relevan.
Pabrik sepatu Prancis Eram menolak untuk
menerima peningkatan kontrol bea cukai dan tuntutan biaya lisensi. Tindakan
terhadap UNIC ini dibawa ke pengadilan Milan. Hasilnya adalah pendaftaran
simbol sembunyi-sembunyi itu dianggap tidak sah oleh pengadilan. Pengadilan
berargumen bahwa simbol kulit “kulit asli” telah, selama keberadaannya sejak
1973, memantapkan dirinya di pasar konsumen yang paling penting, termasuk
Amerika Serikat, dengan tingkat kesadaran yang tinggi. Ini berfungsi sebagai
elemen penting informasi konsumen mengenai kulit. UNIC, bagaimanapun,
mengajukan banding dan menang.
Hotline
service kami, Call / SMS / Line / WA :
Admin 1 : 087738378889
Admin 2 : 081327428808
website : taskulitbagbonejogja.wordpress.com
instagram : bagboneleatherid
Komentar
Posting Komentar